Pendidikan agama Islam, khususnya Alquran Hadis, memiliki peran krusial dalam membentuk karakter dan akhlak mulia pada anak-anak sejak usia dini. Di Madrasah Ibtidaiyah (MI), Alquran Hadis diajarkan secara bertahap, dimulai dari pengenalan huruf hijaiyah, cara membaca Alquran dengan tartil, hingga pemahaman makna ayat-ayat pendek dan hadis-hadis pilihan. Pada kelas 3 semester 1, fokus pembelajaran biasanya mencakup pengenalan surah-surah pendek seperti An-Nas, Al-Falaq, Al-Ikhlas, dan Al-Lahab, serta hadis-hadis tentang kebersihan, adab makan, dan pentingnya menuntut ilmu.
Untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan, diperlukan evaluasi melalui berbagai bentuk soal. Artikel ini akan menyajikan contoh soal Alquran Hadis kelas 3 semester 1 Madrasah Ibtidaiyah yang mencakup berbagai aspek, mulai dari pemahaman makna surah, hafalan, tajwid sederhana, hingga pemahaman kandungan hadis dan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Contoh soal ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru dalam menyusun soal ujian atau tugas harian, serta membantu siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi evaluasi.
A. Pilihan Ganda
Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D!
-
Surah An-Nas terdiri dari berapa ayat?
A. 4 ayat
B. 5 ayat
C. 6 ayat
D. 7 ayat -
Arti dari kata "Al-Falaq" adalah…
A. Manusia
B. Subuh
C. Tuhan
D. Raja -
Surah Al-Ikhlas menjelaskan tentang…
A. Kisah Nabi Ibrahim
B. KeEsaan Allah
C. Hari Kiamat
D. Kisah Nabi Musa -
Siapakah nama paman Nabi Muhammad SAW yang disebutkan dalam surah Al-Lahab?
A. Abu Thalib
B. Abu Lahab
C. Hamzah
D. Abbas -
"Qul huwallahu ahad" adalah bunyi ayat ke berapa dari surah Al-Ikhlas?
A. Ayat ke-1
B. Ayat ke-2
C. Ayat ke-3
D. Ayat ke-4 -
"Min syarril waswasil khannas" adalah bagian dari surah…
A. Al-Ikhlas
B. Al-Lahab
C. An-Nas
D. Al-Falaq -
Apa yang dimaksud dengan "Ghasiqin idza waqab" dalam surah Al-Falaq?
A. Kejahatan manusia
B. Kejahatan malam apabila telah gelap gulita
C. Kejahatan sihir
D. Kejahatan bisikan setan -
Berikut ini adalah contoh perbuatan yang sesuai dengan hadis tentang kebersihan, kecuali…
A. Membuang sampah pada tempatnya
B. Mencuci tangan sebelum makan
C. Membiarkan sampah berserakan di kelas
D. Membersihkan kamar tidur setiap hari -
"Kebersihan adalah sebagian dari…"
A. Kesehatan
B. Kekayaan
C. Iman
D. Kebahagiaan -
Hadis tentang adab makan mengajarkan kita untuk…
A. Makan sambil berdiri
B. Makan dengan terburu-buru
C. Membaca basmalah sebelum makan
D. Makan sambil berbicara keras -
Apa yang harus kita lakukan setelah selesai makan?
A. Langsung bermain
B. Membaca hamdalah
C. Membuang sisa makanan sembarangan
D. Tidak melakukan apa-apa -
Mengapa kita harus menuntut ilmu?
A. Agar menjadi orang kaya
B. Agar dipuji orang lain
C. Agar menjadi orang yang bermanfaat
D. Agar bisa membantah orang lain -
Hadis tentang menuntut ilmu mengajarkan kita untuk mencari ilmu…
A. Hanya di sekolah
B. Hanya di rumah
C. Sejak lahir hingga akhir hayat
D. Hanya ketika ada ujian -
Contoh perilaku yang mencerminkan semangat menuntut ilmu adalah…
A. Malas belajar
B. Sering bolos sekolah
C. Rajin mengerjakan tugas
D. Suka bermain game sepanjang hari -
Apa balasan bagi orang yang menuntut ilmu dengan ikhlas?
A. Pujian dari orang lain
B. Kekayaan yang melimpah
C. Kemudahan jalan menuju surga
D. Kekuasaan dan jabatan tinggi
B. Isian Singkat
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
- Surah Al-Lahab terdiri dari … ayat. (5)
- "Tabbat yada abi lahabiw … " (watabb)
- Arti dari "Lam yalid walam yulad" adalah … (Tidak beranak dan tidak diperanakkan)
- Kita memohon perlindungan kepada Allah dari kejahatan makhluk-Nya pada waktu … (subuh/fajar)
- "Allahu somad" artinya … (Allah tempat meminta segala sesuatu)
- Hadis tentang kebersihan diri diriwayatkan oleh … (Muslim)
- Sebelum makan, kita dianjurkan untuk mencuci … (tangan)
- Rasulullah SAW bersabda: "Tholabul ‘ilmi faridhotun ‘ala kulli … " (muslimin)
- Menuntut ilmu hukumnya … (wajib)
- Setelah makan, kita dianjurkan untuk membaca … (hamdalah)
C. Menjodohkan
Jodohkan pernyataan di kolom A dengan jawaban yang tepat di kolom B!
Kolom A | Kolom B |
---|---|
1. An-Nas | A. Api yang bergejolak |
2. Al-Falaq | B. Tempat meminta segala sesuatu |
3. Al-Ikhlas | C. Manusia |
4. Al-Lahab | D. Subuh |
5. Allahus Somad | E. Memurnikan keEsaan Allah |
Jawaban:
- C
- D
- E
- A
- B
D. Uraian Singkat
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
-
Sebutkan 3 contoh perilaku yang mencerminkan kebersihan diri dan lingkungan!
- Mandi minimal dua kali sehari.
- Membuang sampah pada tempatnya.
- Membersihkan kamar tidur secara teratur.
-
Mengapa kita harus membaca basmalah sebelum makan?
- Sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT atas rezeki yang diberikan.
- Agar makanan yang kita makan menjadi berkah.
- Untuk menghindari gangguan setan saat makan.
-
Apa manfaat menuntut ilmu bagi diri sendiri dan masyarakat?
- Bagi diri sendiri: Menambah pengetahuan, meningkatkan kualitas diri, dan mempermudah jalan menuju surga.
- Bagi masyarakat: Membantu membangun masyarakat yang cerdas, maju, dan berakhlak mulia.
-
Tuliskan satu hadis tentang kebersihan beserta artinya!
- "At-thohuru syathrul iman" (Kebersihan adalah sebagian dari iman).
-
Jelaskan secara singkat isi kandungan surah Al-Ikhlas!
- Surah Al-Ikhlas menjelaskan tentang keEsaan Allah SWT, bahwa Allah tidak beranak dan tidak diperanakkan, serta tidak ada sesuatu pun yang setara dengan-Nya.
E. Tugas Praktik
- Hafalkan surah An-Nas, Al-Falaq, Al-Ikhlas, dan Al-Lahab beserta artinya. Kemudian, setorkan hafalan tersebut kepada guru.
- Praktikkan adab makan yang baik, seperti mencuci tangan sebelum makan, membaca basmalah, makan dengan tangan kanan, dan membaca hamdalah setelah makan.
- Carilah satu hadis tentang pentingnya menjaga lingkungan dan tuliskan di buku catatanmu.
Contoh soal di atas mencakup berbagai aspek penting dalam pembelajaran Alquran Hadis kelas 3 semester 1. Guru dapat menyesuaikan soal-soal tersebut dengan materi yang telah diajarkan dan karakteristik siswa. Penting untuk diingat bahwa evaluasi bukan hanya sekadar mengukur kemampuan siswa dalam menghafal dan menjawab soal, tetapi juga untuk melihat sejauh mana pemahaman mereka terhadap nilai-nilai Islam yang terkandung dalam Alquran Hadis dan bagaimana mereka mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pendidikan Alquran Hadis dapat menjadi pondasi yang kokoh bagi pembentukan karakter dan akhlak mulia generasi penerus bangsa.
Tinggalkan Balasan