Contoh soal pas 1 matematika kelas 4

Contoh soal pas 1 matematika kelas 4

Contoh soal pas 1 matematika kelas 4

Mempersiapkan Diri Menghadapi Penilaian Akhir Semester 1 Matematika Kelas 4: Panduan Lengkap dengan Contoh Soal

Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan momen penting bagi siswa kelas 4 SD untuk mengukur pemahaman mereka terhadap materi matematika yang telah dipelajari sepanjang semester pertama. Dengan berbekal pemahaman yang kuat dan latihan yang cukup, siswa dapat menghadapi PAS dengan lebih percaya diri dan meraih hasil yang optimal. Artikel ini akan membahas secara mendalam contoh-contoh soal PAS 1 Matematika Kelas 4, mencakup berbagai topik yang umumnya diujikan, beserta penjelasan rinci dan tips mengerjakannya.

Mengapa Matematika Penting di Kelas 4?

Kelas 4 menjadi jembatan penting dalam pembelajaran matematika. Siswa tidak hanya memperdalam konsep-konsep dasar dari kelas sebelumnya, tetapi juga mulai dikenalkan pada materi yang lebih kompleks dan abstrak. Kemampuan berhitung, pemahaman konsep pecahan, pengukuran, hingga pengenalan bangun datar dan ruang menjadi fondasi penting untuk jenjang pendidikan selanjutnya. Oleh karena itu, penguasaan materi PAS 1 di kelas 4 sangat krusial.

Contoh soal pas 1 matematika kelas 4

Topik-Topik Utama yang Umum Diujikan dalam PAS 1 Matematika Kelas 4

Secara umum, PAS 1 Matematika Kelas 4 akan mencakup topik-topik berikut:

  1. Bilangan Cacah: Meliputi operasi hitung dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian) bilangan cacah hingga ribuan, nilai tempat, perbandingan, dan urutan bilangan.
  2. Pecahan: Pengenalan pecahan, pecahan senilai, menyederhanakan pecahan, membandingkan pecahan, dan operasi penjumlahan serta pengurangan pecahan berpenyebut sama.
  3. Pengukuran: Pengukuran panjang (satuan baku seperti meter, sentimeter), pengukuran berat (kilogram, gram), pengukuran waktu (jam, menit, detik), dan konversi antar satuan.
  4. Bangun Datar: Pengenalan sifat-sifat bangun datar (persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran), keliling bangun datar sederhana.
  5. Statistika Sederhana: Membaca dan menafsirkan data dalam bentuk tabel atau diagram batang sederhana.

Contoh Soal PAS 1 Matematika Kelas 4 Beserta Pembahasannya

Mari kita telaah beberapa contoh soal yang mewakili setiap topik utama, lengkap dengan penjelasan langkah demi langkah:

>

BAGIAN A: Soal Pilihan Ganda

Petunjuk: Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D.

Topik: Bilangan Cacah

  1. Hasil dari $8.765 + 2.345$ adalah…
    A. $10.010$
    B. $11.110$
    C. $11.010$
    D. $10.110$

    Pembahasan:
    Soal ini menguji kemampuan penjumlahan bilangan cacah. Kita bisa menjumlahkannya secara bersusun:

      8765
    + 2345
    -------
     11110

    Jadi, hasil penjumlahannya adalah $11.110$.

  2. Bentuk pecahan dari $5.000$ dibaca lima ribu adalah…
    A. $5.000.000$
    B. $50.000$
    C. $5.000$
    D. $500$

    Pembahasan:
    Soal ini menguji pemahaman nilai tempat bilangan. Angka $5$ pada $5.000$ berada pada tempat ribuan. Jadi, nilai tempatnya adalah ribuan.

  3. Hasil dari $4.500 – 1.250$ adalah…
    A. $3.250$
    B. $3.050$
    C. $3.350$
    D. $2.250$

    Pembahasan:
    Soal ini menguji kemampuan pengurangan bilangan cacah. Kita bisa mengurangkannya secara bersusun:

      4500
    - 1250
    -------
      3250

    Jadi, hasil pengurangannya adalah $3.250$.

  4. Dua ribu empat ratus lima puluh tiga jika ditulis dalam angka adalah…
    A. $2.453$
    B. $2.543$
    C. $2.345$
    D. $2.534$

    Pembahasan:
    Soal ini menguji pemahaman penulisan bilangan dalam angka berdasarkan namanya. "Dua ribu" berarti $2.000$, "empat ratus" berarti $400$, "lima puluh" berarti $50$, dan "tiga" berarti $3$. Jika digabungkan menjadi $2.000 + 400 + 50 + 3 = 2.453$.

  5. Hasil dari $125 times 8$ adalah…
    A. $1.000$
    B. $900$
    C. $1.100$
    D. $1.200$

    Pembahasan:
    Soal ini menguji kemampuan perkalian. Kita bisa melakukan perkalian bersusun:

      125
    x   8
    -----
     1000

    Jadi, hasil perkaliannya adalah $1.000$.

READ  Menguasai Seni Memblok Semua Tulisan di Word: Panduan Lengkap untuk Efisiensi Kerja

Topik: Pecahan

  1. Pecahan $frac35$ senilai dengan…
    A. $frac610$
    B. $frac58$
    C. $frac310$
    D. $frac910$

    Pembahasan:
    Untuk mencari pecahan senilai, kita bisa mengalikan pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama. Jika kita mengalikan pembilang dan penyebut $frac35$ dengan $2$, kita mendapatkan $frac3 times 25 times 2 = frac610$.

  2. Bentuk paling sederhana dari $frac1015$ adalah…
    A. $frac23$
    B. $frac515$
    C. $frac105$
    D. $frac510$

    Pembahasan:
    Untuk menyederhanakan pecahan, kita cari Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dari pembilang dan penyebut. FPB dari $10$ dan $15$ adalah $5$. Maka, kita bagi pembilang dan penyebut dengan $5$: $frac10 div 515 div 5 = frac23$.

  3. Urutan pecahan dari yang terkecil hingga terbesar adalah…
    A. $frac14, frac12, frac34$
    B. $frac12, frac14, frac34$
    C. $frac34, frac12, frac14$
    D. $frac14, frac34, frac12$

    Pembahasan:
    Untuk membandingkan pecahan, kita bisa menyamakan penyebutnya terlebih dahulu. Penyebut yang sama untuk $4$ dan $2$ adalah $4$.
    $frac14$ tetap $frac14$.
    $frac12 = frac1 times 22 times 2 = frac24$.
    $frac34$ tetap $frac34$.
    Sekarang kita bandingkan pembilangnya: $1, 2, 3$. Jadi urutannya adalah $frac14, frac24, frac34$, yang setara dengan $frac14, frac12, frac34$.

  4. Hasil dari $frac27 + frac37$ adalah…
    A. $frac514$
    B. $frac67$
    C. $frac57$
    D. $frac17$

    Pembahasan:
    Karena penyebutnya sudah sama, kita cukup menjumlahkan pembilangnya: $frac2+37 = frac57$.

  5. Hasil dari $frac59 – frac29$ adalah…
    A. $frac30$
    B. $frac39$
    C. $frac79$
    D. $frac19$

    Pembahasan:
    Karena penyebutnya sudah sama, kita cukup mengurangkan pembilangnya: $frac5-29 = frac39$. Pecahan ini masih bisa disederhanakan menjadi $frac13$, namun pilihan yang tersedia adalah $frac39$.

Topik: Pengukuran

  1. Panjang meja belajar Rina adalah $120$ cm. Jika dikonversi ke meter, panjangnya adalah…
    A. $1,2$ meter
    B. $12$ meter
    C. $0,12$ meter
    D. $120$ meter

    Pembahasan:
    Kita tahu bahwa $1$ meter = $100$ cm. Untuk mengkonversi cm ke meter, kita bagi dengan $100$.
    $120$ cm $div 100$ = $1,2$ meter.

  2. Ibu membeli $2$ kg beras. Jika $1$ kg = $1000$ gram, maka berat beras yang dibeli ibu adalah… gram.
    A. $20$
    B. $200$
    C. $2.000$
    D. $20.000$

    Pembahasan:
    Kita tahu bahwa $1$ kg = $1000$ gram. Maka, $2$ kg = $2 times 1000$ gram = $2.000$ gram.

  3. Pukul $07.15$ dibaca…
    A. Tujuh lewat lima belas
    B. Tujuh lebih lima belas menit
    C. Pukul tujuh lebih seperempat
    D. Semua jawaban benar

    Pembahasan:
    Semua cara membaca waktu tersebut adalah benar. Pukul $07.15$ berarti jam $7$ lewat $15$ menit.

  4. Adi mulai belajar pada pukul $15.30$ dan selesai pada pukul $17.00$. Lama waktu belajar Adi adalah…
    A. $1$ jam $30$ menit
    B. $1$ jam $45$ menit
    C. $2$ jam
    D. $2$ jam $30$ menit

    Pembahasan:
    Dari pukul $15.30$ ke $16.30$ adalah $1$ jam.
    Dari pukul $16.30$ ke $17.00$ adalah $30$ menit.
    Jadi, total lama belajar adalah $1$ jam $+ 30$ menit $= 1$ jam $30$ menit.

READ  Mengupas Tuntas Soal Esai IPS Kelas 8 Semester 2: Strategi dan Contoh Soal Mendalam

Topik: Bangun Datar

  1. Bangun datar yang memiliki empat sisi sama panjang dan empat sudut siku-siku adalah…
    A. Persegi panjang
    B. Segitiga
    C. Persegi
    D. Lingkaran

    Pembahasan:
    Ciri-ciri persegi adalah memiliki empat sisi yang sama panjang dan empat sudut yang semuanya siku-siku (berukuran $90$ derajat).

  2. Keliling sebuah persegi yang panjang sisinya $7$ cm adalah…
    A. $14$ cm
    B. $21$ cm
    C. $28$ cm
    D. $49$ cm

    Pembahasan:
    Keliling persegi dihitung dengan rumus $K = 4 times s$, di mana $s$ adalah panjang sisi.
    $K = 4 times 7$ cm $= 28$ cm.

Topik: Statistika Sederhana

Perhatikan data jumlah siswa di kelas 4 SD Harapan Bangsa berikut:

Nama Ekskul Jumlah Siswa
Pramuka 18
PMR 15
Rohis 12
Basket 10
  1. Ekskul yang paling banyak diminati siswa adalah…
    A. Pramuka
    B. PMR
    C. Rohis
    D. Basket

    Pembahasan:
    Dengan melihat tabel, jumlah siswa terbanyak ada pada ekskul Pramuka, yaitu $18$ siswa.

  2. Selisih jumlah siswa ekskul Pramuka dan Basket adalah…
    A. $8$ siswa
    B. $6$ siswa
    C. $3$ siswa
    D. $28$ siswa

    Pembahasan:
    Jumlah siswa Pramuka = $18$ siswa.
    Jumlah siswa Basket = $10$ siswa.
    Selisih = $18 – 10 = 8$ siswa.

>

BAGIAN B: Soal Uraian

Petunjuk: Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan tepat.

Topik: Bilangan Cacah

  1. Hitunglah hasil dari $15.678 + 9.876 – 5.432$!

    Pembahasan:
    Langkah 1: Hitung penjumlahan terlebih dahulu.
    $15.678 + 9.876$

      15678
    +  9876
    --------
      25554

    Langkah 2: Kurangkan hasil penjumlahan dengan $5.432$.
    $25.554 – 5.432$

      25554
    -  5432
    --------
      20122

    Jadi, hasil akhirnya adalah $20.122$.

  2. Ayah membeli $3$ karung beras. Setiap karung berisi $25$ kg beras. Berapa total berat beras yang dibeli ayah dalam kilogram?

    Pembahasan:
    Diketahui:
    Jumlah karung = $3$
    Berat tiap karung = $25$ kg
    Ditanya: Total berat beras.

    Untuk mencari total berat, kita kalikan jumlah karung dengan berat tiap karung:
    Total berat = $3 times 25$ kg = $75$ kg.
    Jadi, total berat beras yang dibeli ayah adalah $75$ kg.

Topik: Pecahan

  1. Siti memiliki pita sepanjang $frac710$ meter. Ia menggunakan pita tersebut sepanjang $frac310$ meter untuk menghias kado. Berapa sisa panjang pita Siti sekarang?

    Pembahasan:
    Diketahui:
    Panjang pita awal = $frac710$ meter
    Panjang pita yang digunakan = $frac310$ meter
    Ditanya: Sisa panjang pita.

    Untuk mencari sisa, kita kurangkan panjang awal dengan panjang yang digunakan:
    Sisa panjang = $frac710 – frac310 = frac7-310 = frac410$ meter.
    Pecahan ini masih bisa disederhanakan dengan membagi pembilang dan penyebut dengan $2$: $frac4 div 210 div 2 = frac25$ meter.
    Jadi, sisa panjang pita Siti adalah $frac410$ meter atau $frac25$ meter.

  2. Tuliskan tiga pecahan yang senilai dengan $frac13$!

    Pembahasan:
    Untuk mencari pecahan senilai, kita bisa mengalikan pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama.

    • Kalikan dengan $2$: $frac1 times 23 times 2 = frac26$
    • Kalikan dengan $3$: $frac1 times 33 times 3 = frac39$
    • Kalikan dengan $4$: $frac1 times 43 times 4 = frac412$
      Jadi, tiga pecahan yang senilai dengan $frac13$ adalah $frac26, frac39,$ dan $frac412$.

Topik: Pengukuran

  1. Seorang pelari menyelesaikan lomba maraton dalam waktu $2$ jam $30$ menit. Berapa lama waktu yang ditempuh pelari tersebut dalam satuan menit?

    Pembahasan:
    Kita perlu mengkonversi $2$ jam menjadi menit.
    $1$ jam = $60$ menit.
    Maka, $2$ jam = $2 times 60$ menit = $120$ menit.
    Jumlah total waktu dalam menit adalah waktu dalam jam yang dikonversi ditambah waktu dalam menit yang sudah ada:
    Total waktu = $120$ menit $+ 30$ menit $= 150$ menit.
    Jadi, waktu yang ditempuh pelari tersebut adalah $150$ menit.

READ  Contoh Soal Mid Semester Bahasa Inggris Kelas 4 SD: Panduan Lengkap dan Tips Belajar

Topik: Bangun Datar

  1. Sebuah taman berbentuk persegi panjang memiliki panjang $15$ meter dan lebar $10$ meter. Berapakah keliling taman tersebut?

    Pembahasan:
    Diketahui:
    Panjang (p) = $15$ meter
    Lebar (l) = $10$ meter
    Ditanya: Keliling taman.

    Rumus keliling persegi panjang adalah $K = 2 times (p + l)$.
    $K = 2 times (15 text meter + 10 text meter)$
    $K = 2 times (25 text meter)$
    $K = 50$ meter.
    Jadi, keliling taman tersebut adalah $50$ meter.

Topik: Statistika Sederhana

  1. Perhatikan data tinggi badan siswa kelas 4 berikut:
    $145$ cm, $140$ cm, $150$ cm, $145$ cm, $142$ cm, $150$ cm, $145$ cm.
    Buatlah tabel frekuensi dari data tersebut dan tentukan tinggi badan yang paling banyak dimiliki siswa!

    Pembahasan:
    Langkah 1: Urutkan data tinggi badan.
    $140$ cm, $142$ cm, $145$ cm, $145$ cm, $145$ cm, $150$ cm, $150$ cm.

    Langkah 2: Buat tabel frekuensi. Tinggi Badan (cm) Frekuensi (Jumlah Siswa)
    140 1
    142 1
    145 3
    150 2

    Langkah 3: Tentukan tinggi badan yang paling banyak dimiliki siswa.
    Dari tabel, tinggi badan yang memiliki frekuensi paling banyak (yaitu $3$) adalah $145$ cm.
    Jadi, tinggi badan yang paling banyak dimiliki siswa adalah $145$ cm.

>

Tips Menghadapi PAS 1 Matematika Kelas 4

  • Pahami Konsep, Bukan Menghafal: Matematika adalah tentang pemahaman. Pastikan Anda benar-benar mengerti konsep di balik setiap rumus dan cara penyelesaian soal.
  • Kerjakan Latihan Soal Secara Rutin: Semakin banyak Anda berlatih, semakin terbiasa Anda dengan berbagai jenis soal dan semakin cepat Anda dalam menyelesaikannya.
  • Baca Soal dengan Teliti: Jangan terburu-buru saat membaca soal. Pahami apa yang ditanyakan dan informasi apa saja yang diberikan.
  • Periksa Kembali Jawaban Anda: Setelah selesai mengerjakan, luangkan waktu untuk memeriksa kembali setiap jawaban Anda untuk menghindari kesalahan kecil.
  • Manfaatkan Sumber Belajar: Gunakan buku pelajaran, buku latihan, atau sumber belajar online untuk memperdalam pemahaman.
  • Bertanya Jika Ada yang Tidak Dipahami: Jangan ragu untuk bertanya kepada guru atau teman jika ada materi atau soal yang belum Anda mengerti.
  • Istirahat yang Cukup: Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup sebelum hari PAS agar pikiran Anda segar dan siap untuk mengerjakan soal.

Kesimpulan

Penilaian Akhir Semester 1 Matematika Kelas 4 dapat dihadapi dengan persiapan yang matang. Dengan memahami topik-topik utama, berlatih mengerjakan berbagai jenis soal seperti contoh di atas, dan menerapkan tips belajar yang efektif, siswa kelas 4 akan lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi PAS. Ingatlah bahwa matematika adalah keterampilan yang terus berkembang, jadi teruslah berlatih dan jangan pernah menyerah untuk memahami konsep-konsepnya. Semoga sukses dalam PAS Anda!

>

admin
https://stbacn.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *